lebaran 2007

Gunawan Wibisono,
Versi wikipedia (Bahasa Indonesia)

Wibisana (Sansekerta: विभीषण, vibhīshaṇa)adalah tokoh protagonis daripada wiracarita Ramayana. Ia adalah adik kandung Rawana. Meskipun ia adalah adik kandung Rawana, ia berupa manusia, tidak seperti kakaknya yang berupa raksasa.

Dalam kisah Ramayana, setelah gagal membujuk kakaknya untuk mengembalikan Sita kepada Rama, Wibisana memutuskan untuk berpihak pada Rama yang diyakininya sebagai pihak yang benar. Hal ini berarti dia harus melawan kakaknya sendiri (Rawana) demi membela kebenaran. Menarik untuk dilihat bahwa Kumbakarna (yang juga masih saudara kandung dengan Wibisana dan Rawana ) mengambil sikap yang berlawanan, dimana Kumbakarna tetap membela tanah air dan kakaknya, walaupun menyadari bahwa dia berada di pihak yang salah.

Wibisana merupakan tokoh yang menunjukkan pada kita bahwa kebenaran itu menembus batas-batas nasionalisme, bahkan ikatan persaudaraan, Sehingga jika pada masa sekarang ini banyak orang Indonesia yang tak mau kembali ke negerinya, mungkin mereka masih menjadi Wibisana. Karena kelak, saat pertempuran berakhir, Wibisana adalah Raja Alengka.

The information taken from:
http://www.pcr.ac.id/~wibi/index.php?option=com_content&task=view&id=59&Itemid=55